Rabu, 03 April 2013

“Nilai Tambah Teknologi Informasi Dalam Kegiatan Bisnis”

AMAZON.COM

           Pada awal tahun 2000, Amazon.com mengembangkan model bisnisnya kembali denganmembentuk kerjasama modal bersama para pengecer online merk tertentu untuk memasang iklan di situs Amazon.com. Pada bulan Agustus 2000, Amazon.com mengembangkan kembali model bisnisnya dengan mengumumkan bahwa akanmelakukan aliansi strategik dengan ToysRus.com untuk mengoperasikan toko mainan dan permainan video. Dibawah perjanjian kerjasama 10 tahunnya, Toys “R” Us, Inc. Bersedia membeli dan mengelola bagian persediaan, sedangkan Amazon.com menangani dan mengembangkan situs, manangani order penjualan dan jasa pelanggan lainnya, serta mengelola persediaan barang-barang di pusat-pusat distribusinya yang berada di Amerika Serikat.
           Amazon.com akan dikompensasi dengan tawaran 5%untuk pembeli  dari saham Toys ”R” Inc, menerima pembayaran tetap setiap periode, jasa transaksi perunit, dan satu digit persen dari pendapatan.Dengan perkembangan ini, Amazon.com telah mengadopsi tempat pasar (marketplace) yang menguntungkan, sehingga pada saat itu banyak analis yang memperkirakan perusahaan ini akan terus mengambangkan model bisnisnya ke kategori yang lainnya. Perkiraan ini terjadi pada tahun 2001, dimana Amazon.com melakukan aliansi dengan perusahaan pengecer dan pedagang produk fisik lewat katalog, yaitu dengan All-Clas MetalCrafters, AT$T Wireless, Borders, Catalog City, Circuit, Egghead.com, Target, Waterstone, dan Wusthof.
         Visi dan misi Amazon.com adalah pelanggan dapat menemukan apapun yang mereka inginkan dengan mudah melalui pembelian online dengan harga yang rendah.Tujuan Amazon.com bukan untuk menjadi toko buku terbesar di dunia, tetapi toko serba ada terbesar di dunia.Motto Amazon.com adalah “Work Hard, Have Fun, and Make History”.

 Strategi Pemasaran Amazon.com
a.       Strategi Pemasaran Amazon dirancang untuk peningkatan promosi pembelian produk dan layanan yang tersedia. Amazon.com menggunakan e-mail promosi, iklan portal, dan disponsori pencarian sebagai alat utama mereka dari iklan. Pemenuhan handal, layanan pelanggan yang efisien, mudah menggunakan fungsi, dan line transaksi yang terpercaya.
b.   Promosi Khusus, contoh: game Xbox 360 dipromosikan selama Desember 2006. Perusahaan menjual 1000 unit lebih murah 2/3 dari harga normal. 
c.   Amazon.com juga memasarkan produknya melalui Associates Program Nowhere yang melakukan kontrak dengan situs web yang mereka inginkan.
              Amazon membayar komisi kepada peserta dalam program untuk referensi pelanggan yang menghasilkan penjualan.Excellent service customers merupakan strategi pemasaran penting yang dilakukan oleh pihak Amazon.com.Perusahaan fokus pada inovasi yang berkelanjutan untuk memudahkan customer.Secara khusus, tim manajemen ingin memastikan cepat, pemenuhan handal, layanan pelanggan yang efisien, mudah menggunakan fungsi, dan line transaksi yang terpercaya pada lingkungan.

 Strategi Distribusi Amazon.com 
 Amazon.com menyewa kantor pusat perusahaan di Seattle, Washington. Fasilitas lain seperti pemenuhan pusat pergudangan dan kantor layanan pelanggan berlokasi in-out Amerika Serikat, terutama di California, Delaware, Florida, Kansas, Kentucky, Nevada, North Dakota, Pennsylvania, South Carolina, Texas, Virginia, Washington, West Virginia, dan Wisconsin.
Kantor-kantor internasional terutama di Cina, Perancis, Jerman, India, Irlandia, Jepang.Luxembourg, dan Britania Raya.Amazon mengadakan penyertaan saham AS dengan BNSF Logistik pada tahun 2006 untuk membantu dalam mengelola Amazon.com yang berada di Amerika Serikat.Pemenuhan kapasitas diperluas pada tahun 2005 dan 2006 menjadi dua belas juta squarefit.
 


E-commerce Strategi
E -commerce Strategi Perusahaan yang saat ini adalah fokus pada pengembangan usaha dengan menciptakan dan meningkatkan perangkat lunak berpemilik oleh lisensi yang telah memperoleh komersial mengembangkan teknologi untuk aplikasi lainnya saat diperlukan.
A.    Industri Ritel Memimpin
    Dalam krisis, persaingan memperebutkan pangsa pasar menjadi semakin ketat. Di balik krisis selalu ada peluang, dimana perusahaan yang menerapkan strategi dengan tepat akan berhasil memenangkan pasar. Hal inilah yang dilakukan Amazon.
Mereka berhasil mencatatkan kinerja yang luar biasa dibandingkan pesaingnya dalam industri ritel yang kebanyakan mengalami penurunan yang signifikan dalam pendapatannya.Penjualan Amazon tercatat melonjak 18%, sebuah prestasi yang mengagumkan di tengah lemahnya industri ritel secara keseluruhan. Menurut ComScore, penjualan ritel online AS tercatat anjlok 4%, sementara itu rilis data ekonomi dari badan sensus AS juga mencatatkan pelemahan 2.7% pada bulan Desember. 
 
B.  Strategi Diskon
Diversifikasi dan Amazon Prime
Driver utama yang mendorong pertumbuhan pendapatan Amazon adalah kebijakan harga yang kompetitif.Amazon menggencarkan strategi diskon demi menarik pembeli. Rupanya ini berhasil, karena menurut ComScore traffic Amazon menanjak 9.8% dibandingkan dengan tahun sebelumnya, dibandingkan dengan traffic eBay yang justru turun 2.5%.
Pendapatan Amazon melonjak 18% ke level $6.7 miliar, sementara laba bersih Amazon naik 9% mencapai 52 sen per lembar saham, melampaui ekspektasi analis 39 sen per lembar saham. 

Produk Amazon.com
1. Amazon’s BookSurge adalah buku bisnis, yang memberikan penerbit kemampuan untuk mendistribusikan bahan meskipun telah memiliki relasi, peritel terkemuka dan distributor. BookSurge beroperasi pada April tahun 2005.
2.      Amazon Elastis Blokir Store (EBS) menyediakan blok tingkat volume penyimpanan untuk digunakan dengan Amazon EC2. Amazon EBS sangat cocok untuk aplikasi yang memerlukan database, sistem file, atau akses ke blok tingkat penyimpanan. Diluncurkan ke publik pada 21 Agustus 2008.
3.      Amazon EC2 (Elastis Cara Cloud) berfungsi menyediakan layanan server virtual dengan harga yang murah dan menyediakan ruang data storage
4.      Amazon elastis Map Reduce merupakan bagian dari Amazon Web Services (aws). Ini adalah layanan web yang memungkinkan perusahaan, peneliti, analis data, dan pengembang dengan mudah dan dengan biaya yang efektif untuk memproses data dalam jumlah besar.
5.  Amazon Fresh adalah layanan pengiriman makanan yang pemesanannya dilakukan secara online. Amazon Fresh saat ini sangat berkembang di Seattle, daerah Washington.
6.      Amazon Kindle, diperkenalkan ke publik pada bulan November 2007. Kindle adalah sebuah e-reader yang dikembangkan Amazon.com. Books, newspapers, Buku, koran, majalah dan blog yang diambil ke perangkat nirkabel Amazon secara gratis melalui jaringan EVDO (disebut WhisperNet) dan diterbitkan dalam format eksklusif untuk Kindle. 
7.  Amazon Kindle DX merupakan versi dari Kindle, yang dirilis pada Mei tahun 2009. DX memiliki ukuran layar lebih besar daripada versi Kindle sebelumnya.
8.  Amazon S3 (Simple Storage Service) merupakan layanan penyimpanan online untuk perusahaan-perusahaan pengembang. Data dapat disimpan atau diambil melalui antarmuka web sederhana dari komputer mana saja dan dapat dilakukan setiap saat.
9.      Amazon Unbox video adalah layanan video, dan hanya tersedia di Amerika Serikat.
10.  Amazon Video on Demand adalah layanan video streaming untuk televisi dan film. Pada peluncuran di bulan Juli tahun 2008, lebih dari 40 000 film dan televisi telah tersedia disini.
11. Amazon Web Services. Sejak awal tahun 2006, Amazon Web Services (aws) perusahaan telah menyediakan semua ukuran dengan infrastruktur layanan web platform in the cloud.





1 komentar:

  1. banyak banget postingannya....
    Menarikk... *jempol

    BalasHapus